Soal Pj Gubernur Jawa Barat Pengganti Ridwan Kamil, Jokowi: Yang Jelas Ada 3

Tak Berkategori

TEMPO.CO, Jakarta – Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyebut ada tiga nama calon Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat yang kini tengah disiapkan. Penunjukkan Pj Gubernur Jawa Barat dilakukan karena Ridwan Kamil bakal lengser pada September 2023 dan Pilkada Jabar baru akan dinilai pada 2024.

Meski menyatakan ada tiga kandidat Pj Gubernur Jawa Barat, Jokowi menyebut belum mengetahui nama-nama tersebut. Sebab, sampai saat ini pemilihan nama-nama itu masih berproses di dewan. 

“Belum sampai ke saya. Iya, sudah ada tapi belum sampai ke saya. Nama-namanya saya belum tahu. Yang jelas ada 3, yang dari DRPD, dari bawah ada 3,” kata Jokowi di kawasan Sukabumi, Jawa Barat, Jumat, 4 Agustus 2023. 

Selain itu, Jokowi membantah pernyataan yang menyebut selama ini penunjukan Pj Gubernur dilakukan tak transparan dan akuntabel. Menurut Jokowi penunjukan Pj telah dilakukan melalui mekanisme yang diatur. 

“Apanya yang nggak akuntabel? apanya yang nggak transparan? Wong masukannya dari bawah semua. Kan dari daerah, dari daerah, ya kan, ke Kemendagri terus baru ini naik ke kita, TPA. Semuanya terbuka,” kata Jokowi. 

Sebelumnya DPRD Jawa Barat diketahui telah mengusulkan nama Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin, Direktorat Jenderal Perundangan Kemenkumham Asep Mulyana dan Guru Besar Universitas Padjadjaran Bandung Keri Lestari sebagai calon penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat.

“Usulan dari hasil beberapa fraksi, dengan berbagai pertimbangan, maka terpilihlah tiga nama, yakni Asep Mulyana, Keri Lestari, dan Bey Triadi (Machmudin),” kata Wakil Ketua DPRD Jawa Barat Achmad Ru’yat di Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu, 2 Agustus 2023.

Iklan

Meski begitu, lanjut Ahmad, pihaknya tinggal menunggu usulan tiga nama lain dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sebelum ditentukan oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Achmad pun memastikan akan segera melayangkan surat kepada Kemendagri untuk ditindaklanjuti.

Adapun Ridwan Kamil enggan berkomentar mengenai tiga kandidat nama dari DPRD Jabar yang berpotensi meneruskan kepemimpinannya. Meski begitu, ia menanggapi usulan dari DPRD Jawa Barat terkait ketiga nama calon penggantinya tersebut.

“Ini hanya satu pintu, pengusulan dari DPRD, ada nanti pintu pengusulan dari Kemendagri atau Pak Jokowi punya diskresi sendiri, jadi tidak serta merta datang dari 3 nama itu,” kata Ridwan Kamil saat ditemui di Istana Negara, Kamis, 3 Agustus 2023.

Pilihan Editor: 3 Nama Calon Pengganti Ridwan Kamil, Tinggal Tunggu Usulan Jokowi

M JULNIS FIRMANSYAH | ADE RIDWAN



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *