PKKMB Universitas Jember 2023, Maba Dikenalkan Kehidupan Kampus Hingga Waspada Narkoba

Tak Berkategori

TEMPO.CO, Jember – Sebanyak 7.713 mahasiswa baru Universitas Jember angkatan 2023 mengikuti kegiatan pelantikan melalui sebuah upacara di stadion Kampus Tegalboto, Senin, 14 Agustus 2023. Mahasiswa baru terdiri dari  jenjang sarjana, sarjana terapan dan diploma. 

Mereka berasal dari lima jalur penerimaan mahasiswa baru, yakni Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), jalur Seleksi Mandiri Mahasiswa Baru (SEMMABA), jalur Alih Jenis bagi lulusan diploma yang meneruskan ke jenjang sarjana, serta jalur Afirmasi Pendidikan (Adik) Papua dan Daerah Tertinggal, Terdepan dan Terluar (3T).

Rektor Universitas Jember Iwan Taruna dalam pidato pelantikan para mahasiswa baru ini mengajak seluruh mahasiswa baru untuk tak lupa bersyukur mendapatkan kesempatan belajar di Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Ia mengatakan kesempatan ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya dengan belajar sesuai disiplin ilmu yang telah dipilih. 

Iwan juga mengingatkan kepada mahasiswa baru ini untuk selalu berusaha menambah kemampuan diri dengan berbagai softskill agar mampu menjadi generasi andalan Indonesia. Ia yakin semua mahasiswa baru adalah anak bangsa yang potensial tercermin dari keberhasilan mereka menembus seleksi ketat di PTN.

“Universitas Jember adalah Kampus Kebangsaan, rumah bagi kita semua. Oleh karena itu ayo kita jaga bersama dengan cara saling bantu, gotong royong serta saling jaga agar semuanya bisa mencapai prestasi terbaiknya. Kita wujudkan Universitas Jember sebagai kampus inspiratif tempat dimana mimpi-mimpi eksploratif kalian bisa terwujud,” ujar Iwan Taruna menyitir tema Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Jember tahun 2023. 

Iklan

Sebelumnya, Iwan Taruna sempat menyematkan jas almamater kepada perwakilan mahasiswa baru, sekaligus membuka kegiatan PKKMB Universitas Jember 2023. 

Slamin, Wakil Rektor I selaku Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru tahun 2023 menyampaikan ada 1.993 mahasiswa baru yang diterima melalui jalur SNBP, 3.852 mahasiswa baru dari jalur SNBT dan 1.742 orang dari jalur SEMMABA. Jumlah tersebut ditambah 178 mahasiswa lulusan diploma 3 yang meneruskan ke jenjang sarjana melalui jalur Alih Jenis dan 30 mahasiswa baru penerima beasiswa Adik Papua dan Daerah 3T. Jumlah mahasiswa baru Universitas Jember ini akan bertambah, jika memasukkan 458 mahasiswa baru di Pascasarjana.

Selanjutnya seluruh mahasiswa baru Universitas Jember mengikuti kegiatan PKKMB 2023 yang akan digelar hingga 19 Agustus 2023. “Dalam kegiatan ini, mahasiswa baru akan menerima materi terkait sistem pendidikan tinggi, strategi belajar di perguruan tinggi dan materi lainnya. Termasuk materi kewaspadaan terhadap penyalahgunaan narkoba, pencegahan dan penanganan kekerasan seksual,” ujar Slamin.

Pilihan Editor: Terima 6.000-an Mahasiswa Baru di Kampus Jatinangor, Rektor ITB Singgung Soal Korupsi



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *