Kiper Persik Kediri Dikri Yusron Torehkan Catatan Langka di Liga 1: Sumbang Assist

Tak Berkategori

TEMPO.CO, Jakarta – Kiper Persik Kediri, Dikri Yusron, menorehkan catatan langka saat timnya mengalahkan PSM Makassar di pekan keenam Liga 1 2023-2024. Ia menyumbang satu assist untuk membantu timnya menang 2-1 di Stadion Gelora BJ Habibie, Kamis, 3 Agustus 2023.

Umpan berbuah gol dari seorang kiper adalah hal jarang terjadi dalam sepak bola. Dalam sejarah Liga 1, Dikri Yusron menjadi penjaga gawang keempat mampu menyuplai assist. Tiga kiper sebelum dia yang pernah melakukan hal serupa adalah Shahar Ginanjar, Miswar Saputra, dan Wawan Hendrawan.

Shahar Ginanjar mencatatkan assist buat PSM Makassar saat berjumpa Barito Putera di Liga 1 2018. Pada laga tersebut, umpan Shahar dituntaskan Ferdinand Sinaga untuk menyamakan kedudukan 1-1. Sayang, Juku Eja pada akhirnya tumbang 1-2.

Pada musim yang sama, Miswar Saputra juga melakukannya untuk Persebaya Surabaya. Melepaskan umpan dari kotak penalti, bola sepakan sang kiper menemukan David da Silva di area lawan. Striker asal Brasil itu kemudian mencetak gol untuk melengkapi pesta 4-1 Bajul Ijo atas Mitra Kukar.

Sementara, Wawan Hendrawan membidani gol penentu kemenangan Bali United 3-2 atas Persib Bandung di Liga 1 2019. Kala itu ia memberi umpan buat gol Stefano Lilipaly.

Apa yang dilakukan Dikri Yusron bersama Persik Kediri tak kalah istimewa. Dalam laga itu, pasukan Macan Putih sempat tertinggal lebih dulu di kandang PSM Makassar lewat penalti Yuran Fernandes (menit 27).

Namun, selepas jeda, mereka bangkit. Persik Kediri melesakkan dua gol dalam waktu dua menit di awal babak kedua. Bayu Otto menyamakan kedudukan di menit ke-52 melalui gol hasil tembakan keras dari luar kotak penalti.

Iklan

Kemudian Jefinho menuntaskan comeback Macan Putih via aksi individu di menit ke-54. Ia berhasil lolos ke kotak penalti PSM Makassar berkat umpan lambung yang dilepas Dikri Yusron dari area sendiri.

Kemenangan ini tak cuma menjauhkan Persik Kediri dari zona degradasi Liga 1 2023-2024, tapi juga hasil historik. Pasalnya, mereka tak pernah bisa mengalahkan PSM Makassar selama 14 tahun.

Terakhir kali Persik Kediri mampu merebut poin penuh dari Juku Eja adalah pada 16 Desember 2009. Pasukan Macan Putih menang 4-0 berkat brace Yongki Aribowo, Patricio Morales, dan bunuh diri OK John.

Persik Kediri kini menempati posisi ke-12 klasemen dengan nilai 7. Pada pekan ketujuh mereka akan menyambangi Bali United, 7 Agustus.

Pilihan Editor: Prediksi Arema FC vs Barito Putera di Liga 1 Hari Ini



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *