Cedera Saat Angkat Beban Bisa Sebabkan Kematian, Ini Tips Antisipasinya

Tak Berkategori

Sabtu, 12 Agustus 2023 – 17:23 WIB

TANGERANG – Cedara otot yang terjadi pada saat mengangkat beban, menjadi hal yang krusial. Bahkan, dalam beberapa kasus, kondisi itupun bisa berujung kematian bila tidak diperhatikan dan dilakukan dengan baik dan benar.

Baca Juga :

Polusi Udara Ternyata Bisa Sebabkan Stroke, Hipertensi Bahkan Hingga Kematian Dini

Seperti satu kasus yang belakangan terjadi pada binaragawan Justyn Vicky di salah satu lokasi gym kawasan Bali. Dimana, ia dinyatakan meninggal dunia usai  mengalami kecelakaan fatal saat mengangkat beban seberat 210 kilogram.

Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga, dr. Donny Kurniawan, Sp.K.O, Subsp.ALK mengatakan, dilihat dari kasus yang menimpa binaragawan itu, terlihat adanya beberapa hal yang kurang diantisipasi saat melakukan angkat beban.

Baca Juga :

Bikin Heboh Kabar Meninggal Lil Tay, Ternyata Akun Instagramnya Dibajak

Dimana, menurut pelatih fitnes ini, yang bersangkutan tidak memperhatikan safety precaution saat melakukan angkat beban. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

“Kalau dilihat dari kasus dan gambaran di media sosial, satu yang perlu diperhatian kurangnya safety precaution, yang mana tidak ada safety bar atau rak penyanggah. Rak ini berfungsi untuk meletakkan beban, bila si atlet atau binaragawan itu tidak kuat mengangkat beban,” kata dokter Donny di Eka Gym, Tangerang.

Baca Juga :

Heboh Dikabarkan Meninggal, Lil Tay: Saya Aman dan Hidup

Ilustrasi angkat beban

Dokter Donny juga menuturkan, kurangnya knowledge atau pengetahuan mengenai teknik dalam angkat beban, bisa menjadi kendala dimana sangat diperlukan untuk bisa mengantisipasi cedera atau kekuatan si atlet saat mengangkat beban tersebut.

Halaman Selanjutnya

“Ketika heavy lifting ini, harus paham tekniknya. Jangan dipaksa. Memang, setiap atlet atau binaragawan punya target. Misalnya, hari ini satu kilogram, besok harus tambah satu kilogram lagi, tapi yang perlu diingat harus ada knowledgenya, terlebih harus tahu soal limite beban kita dan jangan sampai ego lifting,” ujarnya.

img_title



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *