Cara Mengatasi Peradangan Asam Urat dengan Bahan Rumahan

Tak Berkategori

TEMPO.CO, Jakarta – Asam urat atau yang juga disebut Gout terjadi ketika tubuh menghasilkan  terlalu banyak asam urat. Asam ini adalah efek dari proses ketika tubuh memecah purin yang ditemukan dalam makanan. Kelebihan asam urat ini membentuk kristal, yang dapat disimpan tubuh di semua jaringan.

Namun, kristal-kristal tersebut bisa menumpuk di dalam dan di sekitar persendian, menyebabkan iritasi, peradangan, dan ketidaknyamanan. Kristal-kristal tersebut juga dapat tumbuh di sekitar sendi yang terkena, yang dikenal sebagai tophi. Ada beberapa obat alami atau rumahan yang bisa menyembuhkan asam urat.

1. Minum banyak air

Ketika seseorang menderita asam urat, biasanya akan mengalami pembengkakan dan peradangan yang signifikan. Salah satu cara untuk mengurangi gejala adalah dengan minum lebih banyak air. Meningkatkan asupan cairan dapat mendorong ginjal seseorang untuk mengeluarkan kelebihan cairan, mengurangi pembengkakan pada penderita asam urat.

Air putih adalah cairan terbaik bagi tubuh. Namun, kaldu dan teh herbal juga merupakan pilihan yang baik. Orang harus menghindari alkohol dan soda, yang tinggi purin untuk mencegah timbulnya asam urat. Namun, perlu diperhatikan bagi penderita gagal jantung kongestif atau penyakit ginjal, mereka harus berbicara dengan dokter sebelum meningkatkan asupan cairan.

2. Mengompres dengan es pada sendi yang sakit

Iklan

Menerapkan kompres es yang dibungkus kain pada sendi dapat membantu mengurangi peradangan akibat asam urat. Cobalah mengompres dengan es atau benda dingin lainnya yang dibungkus dengan handuk tipis selama 20-30 menit untuk membantu meredakan nyeri.

3. Minum kopi

Kopi dapat menurunkan risiko mengalami asam urat. Sebuah penelitian Coffee Consumption Reduces Gout Risk Independently of Serum Uric Acid Levels: Mendelian Randomization Analyses Across Ancestry Populations meangatakan bahwa mengonsumsi kopi dapat menurunkan risiko asam urat.

Dilihat dari mereka yang minum lebih banyak kopi, lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami asam urat. Hal ini mungkin karena kopi dapat menurunkan kadar asam urat. Namun, penelitian ini hanya menunjukkan korelasi antara konsumsi kopi yang lebih tinggi dan risiko asam urat yang lebih rendah, bukan berarti kopi menyebabkan risiko yang lebih kecil.

Pilihan Editor: Alami Peradangan Asam Urat, Berikut yang Harus Dilakukan



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *