Antisipasi El Nino Pemprov DKI Cadangkan Beras 2 Kali Lipat dari Tahun Lalu

Tak Berkategori

Selasa, 15 Agustus 2023 – 09:40 WIB

Jakarta РPemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Food Station Tjipinang telah menyiapkan cadangan berad dua kali lipat lebih banyak daripada tahun lalu. Hal tersebut berguna untuk mengantisipasi dampak kekeringan akibat fenomena El Nino.

Baca Juga :

Penuhi Kebutuhan Pangan, Ini Deretan Makanan Tradisional di Kota Solo

“Kami punya cadangan pangan untuk Food Station sebanyak 11.000 ton pada tahun lalu. Sementara tahun ini mencapai 20.000 ton, hampir dua kali lipatnya,” kata Direktur Utama PT Food Station Tjipinang Jaya Pamrihadi Wiraryo di Jakarta Pusat, Selasa, 15 Agustus 2023.

Pamrihadi menyebut stok ketahanan pangan di DKI Jakarta salah satunya yaitu ketersediaan stok beras. Stok beras cadangan, kata dia, juga disimpan di Pasar Induk Beras Cipinang, Jakarta Timur.

Baca Juga :

Gerakkan Partisipasi Masyarakat di Pemilu, Relawan Herviano Gelar Kanvasing Door to Door

Di sisi lain, Pamrihadi mengimbau agar masyarakat tidak melakukan panic buying yang dapat memicu belanja berlebihan atau menyetok beras dalam jumlah banyak

“Jangan panic buying, sehingga otomatis inflasi akan terkendali. Bisa kami katakan tidak ber-impact signifikan terhadap ekonomi di DKI untuk El Nino,” pungkasnya.

Baca Juga :

Wapres: Pertanian Tumbuh dan Tangguh

Ilustrasi El Nino.

Sebagai informasi, Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas)/National Food Agency, Arief Prasetyo Adi mengungkapkan, Bulog telah mengamankan 1,3 juta ton stok beras per 2 Agustus 2023. Hal itu sesuai dengan permintaan Presiden Jokowi.

Halaman Selanjutnya

“Bapak Presiden meminta Bulog meningkatkan stoknya dari yang sudah di-secured sebanyak 1,3 juta ton dengan target serapan 2,4 juta ton sampai dengan akhir tahun 2023.” kata Arief.

img_title



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *