Survei Populix: Lebih dari 80% Pemudik akan Padati Daerah Jawa – Fintechnesia.com

FinTechnesia.com | Menjelang Idul Fitri, masyarakat muslim Indonesia semakin sibuk mempersiapkan diri pulang kampung serta berbagai aktivitas sosial. Populix meluncurkan laporan yang bertajuk “Insights into Indonesia’s Eid Al-Fitr Homecoming and Social Activities”.

Berdasarkan laporan Populix, lebih dari 50% responden memulai persiapan Idul Fitri selama pekan ketiga dan keempat Ramadan. “Pada laporan kami terlihat lebih dari 60% responden akan melakukan perjalanan mudik Lebaran, dengan mayoritas destinasi terdapat di provinsi Jawa,” kata Timothy Astandu, CEO & Co-Founder Populix, Senin (8/4)./

Kegiatan sosial juga muncul sebagai kebiasaan baru masyarakat di Indonesia. Seperti bagi-bagi takjil di jalan hingga menyalurkan sedekah melalui badan amal resmi. Masyarakat bahkan melibatkan keluarga dalam upaya sosial ini.

Sebanyak 62% umat muslim berencana untuk pulang kampung selama liburan Idul Fitri. Terdapat dua alasan utama mudik ini yaitu kegiatan rutin tahunan (56%) dan juga rindu dengan kampung halaman (52%). Di sisi lain, beberapa orang memilih tidak pulang kampung (38%) karena tidak memiliki keluarga di kampung halaman mereka.

Baca juga: Tokopedia Bagi Cara Merawat Mobil atau Motor Setelah Mudik Lebaran

Terlihat bahwa ada kecenderungan dalam pola perjalanan saat orang pulang ke kampung halaman dan kembali ke kota selama liburan Idul Fitri. Menurut data Populix tiga hingga tujuh hari sebelum Lebaran menjadi puncak arus mudik. Sedangkan puncak arus balik diperkirakan pada hari ketiga dan ketujuh setelah Lebaran.

Selain itu, hal utama yang dipersiapkan untuk pulang kampung antara lain Tunjangan Hari Raya (THR) untuk keluarga di kampung (70%). Lalu membeli barang (58%) atau hadiah untuk keluarga, dan juga membeli kue Lebaran (50%). 

Meskipun, mayoritas masyarakat (70%) juga mengungkapkan kekhawatiran terhadap kemacetan lalu lintas saat “mudik”, mayoritas tetap memilih mudik dengan keluarga mereka. Sebanyak 72% responden menggunakan kendaraan pribadi demi mendapatkan kenyamanan dan fleksibilitas. Sementara sisanya memilih transportasi umum dan membeli tiket pulang-pergi. (nin)

Baca Juga  IM3 Gelar Program Pesta Hadiah, Ada Mobil Listrik dan iPhone - Fintechnesia.com

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *